Featured newsSports, Lifestyle & Environment

Tips Menangani Komplain Dari Konsumen

Cosmobikers Lovers – Dalam berbisnis, apalagi yang berhubungan dengan kebutuhan orang lain. Sudah pasti akan banyak menerima komplein dari mereka. Misalkan, barang kebutuhan mereka jelek tidak sesuai dengan permintaan mereka, telat di produksi, telat di kirim dan lain-lain. Sehingga berpengaruh terhadap agenda lainnya.

Agar tidak menjadi bahan pemikiran berkepanjangan. Ini tips, bagaimana cara menangani berbagai macam komplain dari konsumen.

Pertama, Tetap Tenang.
Dalam mengangani keadaan sepeerti ini, kita tidak usah panik, tetapi tetap tenang. Dan perlu kita ingat bahwa, ini adalah kondisi yan g tidak menyenangkan dari konsumen yang mereka sedang alami. Untuk itu, tetap tenang.

Kedua, Tanya & Dengarkan.
Ingat, harus tetap ramah dan senyum mendengar keluhan mereka & ketika kita menanyakan problem yang sementara mereka alami.

Ketiga, Ucapkan Maaf & Akui.
Dalam kondisi yang dialami, kita harus ucapkan maaf dan akui. Terkadang, kesalahan tersebut bukan berada di pihak kita. Misalkan, kita punya standar tersendiri di produk tersebut. Nah, saat kita kirim, produk tersebut sudah sesuai dengan standar atau SOP yang kita punya. Tapi, karena seleranya berbeda-beda. Dalam kondisi tersebut, bisa saja kita akui bahwa produk tersebut sedikit cacat atau alasan yang bisa dimengerti oleh konsumen. Selanjutnya, bisa katakan ke konsumen, barang tersbut akan diganti yang baru.

Keempat, Tawarkan Solusi.
Atas permasalahan yang mereka hadapi, kita tawarkan solusi buat mereka.

Kelima, Respon Baik.
Ganti pengalaman yang tidak menyenangkan dengan pengalaman yang menyenangkan dengan respon kita dalam menyelesaikan komplain tersebut.

Jadi pada intinya, kita harsus tetap tenang dalam menghadapi permasalahan atau komplein yang kita hadapi. Dalam kondisi seperti ini, konsumen ingin didengar keluh kesahnya. Perhatikan dan kendalikan emosi kita dan berikan respon serta senyum terbaik agar konsumen bisa memaafkan pengalaman tgerburuk hari ini.

Perlu kita ingat, bahwa pengalaman buruk yang dialami konsumen hari ini, bisa berpengaruh dalam jangka waktu yang panjang, Bahkan, bisa saja pengalaman yang konsumen alami ini, diceritakan kepada teman-teman sehingga berpengaruh terhadap bisnis. Untuk itu, berusahalah berikan yang terbaik bagi konsumen kita. #BerbagaiSumber.

 

Comments are closed.

0 %