Featured newsSports, Lifestyle & EnvironmentTechnology

Tiang Listrik PLN Bakal Dijadikan SPKLU Tahun Ini

Cosmobikers Lovers – Infrastruktur dari PT PLN (Persero) saja yang terlihat paling siap menghadapi era kendaraan bertenaga listrik dibanding perusahaan swasta. Hal ini dikarenakan disetiap wilayah yang ada di Indonesia tersebar tiang-tiang listrik yang akan menggampangkan pihak PLN untuk menyiapkan kebutuhan tenaga listrik atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

PT PLN (Persero) akan mengubah 2.000 tiang listrik yang tersebar di Indonesia menjadi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mobil listrik pada tahun ini. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan, langkah ini merupakan inovasi pihaknya dalam rangka percepatan ekosistem kendaraan listrik.
Maka, pengguna mobil listrik semakin mudah dalam mengakses pengisian daya.

“Kami sudah membangun strategi untuk mengubah tiang listrik kami menjadi SPKLU, sehingga dengan catatan biayanya juga lebih murah,” kata dia dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI yang disiarkan secara daring, Kamis (30/5/2024).

Darmawan melihat potensi jutaan tiang listrik PT PLN (Persero) yang dapat langsung digunakan untuk memfasilitasi pembangunan SPKLU secara cepat dengan harga yang terjangkau. Sementara itu, kehadiran tiang-tiang listrik PLN yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia juga memudahkan PLN untuk memilih lokasi yang strategis.

Misalnya, lanjut dia, di tempat-tempat umum yang menjadi tempat kendaraan listrik parkir atau di sekitar apartemen dengan konsentrasi kendaraan listrik yang banyak. Pada bahan paparan Darmawan, tempat cas mobil listrik dari tiang itu berada di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan juga Jakarta Utara, Tangerang hingga Bekasi.
“Ini sebagai contoh sebaran SPKLU yang berbasis pada tiang listrik di Jakarta dan ini sudah kami overlay dengan analisis traffic di masing-masing lokasi dan lokasi strategis dari tiang-tiang tersebut,” jelasnya.

SPKLU berbasis tiang listrik juga akan merambah dari Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku, hingga Papua. Saat ini, PT PLN melalui PLN Enginiring telah merilis tiga prototipe SPKLU PLN EYE yang terpasang dan beroperasi. Tiga unit prototipe itu tersebar di Kantor PLN KS Tubun Jakarta Barat sebanyak dua unit, dan satu unit lainnya berada di Sekolah Dasar (SD) Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan.

Memang pemerintah dalam hal ini PT PLN (Persero) sudah harus bergerak sebelum terlambat dalam menyediakan kebutuhan tenaga listrik pada kendaraan listrik yang akan digunakan menggantikan kendaraan berbahan bakar minyak nanti. Kondisi sekarang hanya terlihat masalahnya pada battery-nya. #BerbagaiSumber.

 

Comments are closed.

0 %