Featured newsSports, Lifestyle & Environment

Ancol Menghadirkan Wisata Olahraga Balapan Sejak 1969 Hingga Saat Ini

Cosmobikers Lovers – Tidak dipungkiri lagi bahwa, nama Ancol sudah begitu populer di telinga orang Indonesia. Bukan hanya di kalangan warga kota, namun sudah sampai ke desa-desa yang terpencil. Terkenal dengan spot-spot tempat permainan buat anak-anak dan juga orang dewasa. Pantainya juga menjadi daya tarik terutama wisatawan lokal yang jauh dari pantai.

Wisata olahraga sudah ada sejak dulu. Sebelum sirkuit Sentul Bogor hadir, Ancol sudah memiliki sirkuit balap yakni, Sirkuit Jaya Ancol. Sirkuit ini merupakan sirkuit berkelas internasional pertama di Indonesia.
Pada Oktober 1969, diselenggarakan Jaya Antjol Race I dengan kondisi sirkuit hanya berupa jalan perumahan biasa dan tikungan yang rusak. Lebar sirkuit ini hanya 7 hingga 10,5 meter dengan panjang lintasan 3.590 meter.

Pada Oktober 1970, diadakan Jaya Antjol Race II. Dalam gelaran balap ini, panjang sirkuit diubah menjadi 3.950 meter dan jumlah tikungan ditambah menjadi 12 tikungan. Pada 1971, sirkuit Ancol direnovasi total.

Pada awal tahun 2022, Polda Metro Jaya berkolaborasi dengan Ancol dan IMI menyelenggarakan event balap Drag Bike & Road Race. Tujuannya, agar Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu lokasi balap resmi yang akan digunakan bagi pembalap liar di Jakarta. Menjadi salah satu tempat anak muda menyalurkan hobi balapnya.

Ancol juga terdapat lintasan internasional yakni Formula E. Dimana telah berhasil menyelenggarakan event tersebut pada Juni 2022.

Kali ini, giliran Ancol Jakarta Supersport Championship (AJSC) putaran ke-2 diselenggarakan. Mengambil tempat di Sirkuit Carnaval Ancol. Event yang di support TDR One Team ini sedianya akan dilaksanakan pada 20-21 April 2024, namun ditunda menjadi 11-12 Mei 2024, karena adanya situasi yang tidak terduga pada putaran ke-2 AJSC 2024 ini.

Kabar penundaan AJSC putaran ke-2 adalah hasil keputusan panitia dengan pertimbangan yang matang, untuk kepentingan terbaik bagi seluruh peserta. Pastinya dengan penundaan ini, panitia penyelenggara telah memastikan kompetisi yang baik dan sukses. Dan tentu, disambut baik oleh para peserta yang tidak melakukan refund dan tetap antusias mengikuti jadwal terbarunya.

“Kami percaya bahwa penundaan ini adalah demi kepentingan terbaik seluruh peserta untuk memastikan kompetisi yang baik dan sukses. Terimakasih atas pengertian dan dukungan dari peserta, sponsor dan rekan media yang hingga saat ini masih tetap setia. Kami berharap dapat menyambut lebih baik lagi di Round 2 AJSC 2024.” Ujar Dody Hendrawan dari Team X-Ray, selalu penyenggara AJSC.

Dalam kesempatan meeting zoom dengan Team X-Ray Organizer, yang menginformasikan kalau para peserta yang mendaftar sepakat tidak akan menarik uang pendaftaran kembali atau refund, dan dialokasi untuk jadwal terbaru. Berita penundaan ini, juga disambut baik oleh pebalap dan tim yang belum sempat daftar karena pertimbangan persiapaan motor balapnya belum sempurna, karena masih suasana lebaran idul Fitri 1445H/2024.

Tentunya, daya tarik AJSC masih kuat, terlebih dengan performa yang diusung oleh TDR One Team dengan balap Drag Bike 201 meter, berikut bonus hadiah dan doorprice menarik dan kegiatan edukasi untuk ladybikers. Pastinya TDR One Team melalui semangat #WeMoveAsOne, melalu Community Development yang fokus berkontribusi untuk kepedulian sosial melalui kegiatan motorsport. Tetap Semangat…!

#AncolJakartaSupersportChampionship#Dragbike#Dragrace#Drift#Slalom#Freestyle#Modification##CommunityDevelopment#HighPerformancePeople #WeMoveAsONE#BetterLifeBetterFuture.

Comments are closed.

0 %